Menjelajahi Protokol Transfer File

Ace18 Januari 2024
Ruangan yang penuh dengan server

Transfer file adalah blok bangunan Internet. Dalam setiap menit setiap hari, pengguna Internet mengunduh file dan menyebarkannya ke seluruh dunia maya. Protokol Transfer File (FTP) telah ada selama lebih dari empat dekade, dan selama itu, telah mengalami peningkatan substansial dalam hal standar enkripsi dan fitur transfer file.

FTP sudah ada sejak masa-masa awal jaringan, bahkan mendahului lahirnya jaringan Internet Protocol (IP) kontemporer yang berbasis TCP di awal tahun 1980-an (Transmission Control Protocol).

Artikel ini akan mengeksplorasi sejumlah besar dimensi yang relevan dengan FTP, seperti fungsi, keuntungan, dan kerugian, sementara juga memperkenalkan FileMail sebagai alternatif yang layak.

Berbagi Hingga 5 GB Gratis
Tidak Perlu Registrasi
Kirim File Besar Sekarang
apa itu ftp

Apa yang dimaksud dengan Protokol Transfer File (FTP)?

File Transfer Protocol (FTP) merupakan protokol komunikasi standar untuk mentransfer file komputer dari server ke klien melalui jaringan komputer. FTP adalah protokol klien-server yang menggunakan kontrol dan koneksi data yang berbeda antara klien dan server.

FTP adalah protokol jaringan klien-server yang memungkinkan pengguna mengunduh halaman web, data, dan aplikasi dari layanan lain. Ketika pengguna ingin mengunduh data ke komputer mereka sendiri, mereka melakukannya dengan menggunakan FTP.

Selain itu, FTP tidak dienkripsi. FTP menggunakan pengguna dan kata sandi cleartext untuk otentikasi, membuat transfer data melalui FTP rentan terhadap penyadapan, peniruan, dan serangan lainnya.

ftp untuk berbagi file

Bagaimana Cara Kerja FTP?

Protokol Transfer File beroperasi pada paradigma klien-server, dengan fungsi transfer file dilakukan oleh server FTP dan klien FTP. Sambungan FTP membutuhkan dua pihak untuk membuat dan berinteraksi pada jaringan tertentu untuk memulai. Meskipun pengguna harus memiliki otoritas untuk memberikan kredensial ke server FTP, beberapa server FTP publik tidak memerlukan pengguna untuk memberikan kata sandi untuk mengakses file.

Server FTP disiapkan di jaringan, dan lokasi penyimpanan file tertentu (folder/sistem) ditetapkan sebagai lokasi penyimpanan bersama untuk data yang akan dibagikan. Pengguna akhir akan terhubung ke server file ini menggunakan FTP untuk mentransfer file ke folder/sistem lokal mereka.

FTP membutuhkan jaringan TCP/IP dan penggunaan satu atau lebih klien FTP agar dapat berfungsi. Klien FTP berfungsi sebagai agen komunikasi antara klien dan server, mengunduh dan mengunggah file. Pada dasarnya, klien FTP memulai koneksi ke server FTP. Server FTP memulai prosedur transfer file setelah menerima permintaan klien untuk mengunggah atau mengunduh file.

Setiap kali pengguna mengalami masalah, dia harus membuat saluran perintah dan saluran data. Setelah mengkonfigurasi kedua saluran, mode pasif memerintahkan server untuk mendengarkan koneksi daripada mencoba menyambungkan kembali dengan pengguna.

berbagi antar perangkat

Untuk Apa FTP Digunakan?

Platform yang terus mendukung unduhan dan transfer FTP sebagian besar melakukannya karena kebiasaan, dan bahkan hal ini semakin berkurang.

FTP adalah pendekatan informal untuk memperkenalkan protokol internet kepada pemula sebelum melanjutkan ke versi yang lebih rumit, sehingga menjadikannya alat yang sangat baik untuk permulaan. Beberapa orang membuat sistem berkas FTP karena nostalgia atau hanya untuk bersenang-senang. Mentransfer file server dalam jumlah besar di dalam sebuah organisasi: Beberapa profesional TI dapat menggunakan FTP saat mentransfer file server dalam sistem tertutup.

Selain itu, FTP digunakan secara luas dalam bisnis Arsitektur, Rekayasa, dan Konstruksi (AEC) untuk bertukar skema dan komponen arsitektur. Metode ideal untuk mengirim file besar seperti diagram CAD atau SketchUp, yang sering digunakan dalam bisnis MEA, adalah melalui server FTP.

Industri konstruksi dan industri terkait yang berurusan dengan diagram CAD dan format file serupa sering kali bergantung pada FTP karena kecepatan transmisi file.

Klien FTP

Setiap klien FTP memiliki kemampuan unik yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan proses unggah dan unduh. Fitur tambahan yang perlu dicari dalam klien FTP termasuk autentikasi kunci publik, kontrol tingkat kompresi file, dan alat untuk mencari server menggunakan masker file.

tidak terkunci

Masalah Keamanan FTP

Secara keseluruhan, FTP pada dasarnya tidak aman sebagai metode transportasi data. Ketika sebuah berkas dikirim melalui protokol ini, data, login, dan kata sandi semuanya dipertukarkan dalam teks biasa, menyiratkan bahwa peretas dapat dengan mudah mendapatkan informasi ini. Untuk menjamin keamanan data Anda, Anda harus menggunakan versi FTP yang lebih baik, seperti FTPS atau SFTP.

FTP sudah ada sejak saat keamanan siber tidak lebih dari sebuah subjek spekulatif. Ini menyiratkan bahwa transfer FTP tidak diamankan, sehingga cukup mudah bagi siapa saja yang mampu mengendus paket untuk mencegat data.

Jika peretas dapat mencegat transfer FTP, mereka tidak akan terhalang oleh enkripsi untuk mengakses atau memodifikasi isinya. Bahkan jika Anda menggunakan penyimpanan awan FTP, data dapat dicegat dan disalahgunakan jika sistem penyedia layanan diretas.

Akibatnya, data yang dikirim melalui FTP menjadi target ideal untuk spoofing, sniffer, brute force, dan jenis serangan lainnya. Seorang peretas mungkin memeriksa transaksi FTP dan mencoba menyerang kelemahannya dengan menggunakan pemindaian porta dasar.

hacker

Kekurangan FTP

Pemanfaatan yang Menantang

Mengatakan bahwa FTP tidak dapat diakses adalah pernyataan yang meremehkan. Antarmukanya menakutkan dan sangat kuat. Pada pandangan pertama (dan beberapa pandangan berikutnya), tampaknya ini adalah sesuatu yang hanya bisa dipahami oleh spesialis TI. Ini adalah kerugian yang signifikan karena perlu pelatihan untuk mengoperasikannya dengan benar bagi personel Anda dan pelanggan Anda.

Tidak Semua Vendor Sama

Bisnis memilih untuk meng-host solusi FTP yang dikelola oleh vendor untuk mengatasi masalah kerentanan keamanan. Sayangnya, tidak semua penyedia lulus uji keamanan yang diperlukan, sehingga sulit untuk menemukan yang tepat. Setiap saingan menyediakan serangkaian fitur yang unik, dan banyak di antaranya yang kurang dalam bidang-bidang penting seperti pembatasan akses, keamanan, kegunaan, dan alternatif harga.

Enkripsi Bukanlah Hal yang Tidak Mungkin Terjadi

Meskipun mungkin untuk menemukan penyedia yang menyediakan enkripsi data, banyak yang tidak. FTP tidak menyertakan enkripsi, yang menjelaskan mengapa data yang ditransmisikan begitu mudah disadap. Selain itu, ketika meneliti layanan FTP, Anda akan menemukan bahwa enkripsi tidak selalu diberikan atau diberlakukan.

FTP Bisa Diserang

Jika Anda memilih penyedia yang salah, Anda berisiko mendapatkan solusi FTP yang tidak melindungi data Anda, membuat Anda terbuka pada strategi peretas seperti serangan brute force atau spoofing. Peretas menggunakan serangan brute force untuk masuk ke sistem Anda dengan cepat melalui ribuan kombinasi login dan kata sandi. FTP rentan terhadap serangan spoofing, di mana peretas menyamar sebagai pengguna atau perangkat asli pada jaringan.

Kepatuhan adalah Masalah

Selain itu, Anda harus mempertimbangkan kepatuhan saat mengirim data melalui FTP. FTP sendiri atau melalui penyedia FTP yang tidak aman bisa membuat perusahaan Anda terkena tuduhan ketidakpatuhan. Kurangnya enkripsi merupakan kontributor signifikan terhadap ketidakpatuhan, dan Anda harus mengidentifikasi solusi yang sesuai dengan persyaratan kepatuhan Anda.

Aktivitas Pemantauan Sulit Dilakukan

FTP tidak menyediakan jejak audit, sehingga sulit untuk melacak sumber kebocoran atau memantau kemajuan proyek. Akibatnya, jika file diperlakukan dengan tidak semestinya, atau terjadi pelanggaran data, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk melacak sumber masalahnya. Banyak klien FTP yang tidak memiliki pembatasan akses yang diperlukan untuk menjamin bahwa staf Anda mengikuti praktik terbaik berbagi file.

keuntungan dari ftp

Keuntungan dari FTP

Beberapa direktori file dapat ditransfer secara bersamaan

FTP adalah alternatif yang sangat baik jika perusahaan Anda ingin bertukar data dalam jumlah besar (pikirkan terabyte, bukan megabyte) sekaligus. Insinyur, arsitek, dan desainer grafis sering kali memiliki file yang sangat besar yang terlalu besar untuk dikirim melalui email dan terlalu lambat untuk dibagikan menggunakan HTTPS. FTP memberikan manfaat yang signifikan dalam hal ini karena memungkinkan transmisi file yang sangat besar dengan lebih cepat.

Tidak pernah kehilangan jejak kemajuan transfer file Anda

Hal ini menguntungkan karena Anda tidak perlu takut kehilangan progres transfer jika Anda kehilangan koneksi ke jaringan saat menggunakan FTP. Jika Anda kehilangan koneksi atau perlu me-reboot mesin Anda, Anda tidak perlu memulai dari awal lagi. Anda dapat melanjutkan dari titik terakhir yang Anda tinggalkan. Ketika jaringan dapat diakses, FTP akan segera bergabung kembali dan melanjutkan dari titik terakhir.

Berbagi File Filemail

Filemail: Alternatif yang Layak Untuk FTP

Meskipun demikian, ada juga alternatif yang layak yang mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh FTP dan membawa fungsi dan keuntungan tambahan. Filemail adalah platform web yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan file besar dengan ukuran berapa pun menggunakan berbagai aplikasi dan layanan.

Ini adalah layanan gratis yang tersedia untuk siapa saja. Prinsip dasarnya sangat mudah: pilih file, isi alamat email penerima, dan klik 'kirim'. Penerima menerima tautan ke file Anda dan mengunduhnya.

Melampaui kerentanan keamanan FTP, dengan Filemail Anda dapat menentukan periode ketersediaan dan perlindungan kata sandi untuk transfer file Anda, yang membuatnya lebih aman. Filemail juga dilengkapi dengan langkah-langkah keamanan yang membuat transfer file Anda lebih aman, tak tertandingi oleh FTP.

Dua set firewall melindungi server Anda, dan akses ke data dipertahankan secara langsung melalui akses Windows. Pada disk, nama-nama file dienkripsi, dan volume data yang besar pada server membuatnya hampir sulit untuk mengambil dan mendekripsi data dari hard drive.

Berbagi File dengan Berbagai Ukuran
Alternatif Aman Untuk FTP
Lihat Paket Berbayar Kami

Mencari alternatif untuk FTP? Lihatlah artikel kami di bawah ini.