Cara Mencadangkan File Komputer

Ace24 Januari 2024
cara membuat cadangan file komputer

Sebagian besar individu dan organisasi memahami pentingnya pencadangan dan pemulihan saat melindungi aset digital dari penghapusan, korupsi, virus, dan bahaya lainnya. Itulah mengapa pencadangan dianggap sebagai garis pertahanan terakhir. Secara keseluruhan, ada beberapa cara untuk mencadangkan file komputer, yang akan dieksplorasi lebih lanjut.

Kirim Hingga 5 GB Gratis
Tidak Perlu Registrasi
Kirim File Besar Sekarang
Mencadangkan data

Pendahuluan: Apa Itu Pencadangan File?

Pada intinya, pencadangan file melindungi dari kehilangan data yang signifikan karena kecelakaan atau kesalahan manusia. Pencadangan menulis cadangan sistem file dalam format file cadangan, sementara pemulihan membaca cadangan sistem file, ditangani oleh perintah yang berbeda.

Membuat cadangan file melibatkan penyimpanan salinan sistem penting dan informasi pribadi Anda pada hard disk atau cadangan eksternal atau flash drive, di antara opsi penyimpanan lainnya. Sangat penting untuk membuat cadangan data Anda sebagai bagian dari pemeliharaan komputer rutin untuk mengamankan informasi Anda jika terjadi kegagalan sistem atau kerusakan file.

Pilihan yang tersedia untuk mencadangkan atau menyimpan data dan file digital Anda cukup beragam. Kami melihat perangkat penyimpanan data paling populer yang digunakan oleh individu untuk pencadangan dan pengarsipan, dengan mengingat bahwa kebutuhan setiap orang berbeda dan tidak ada pilihan yang cocok untuk semua.

Media digital sering kali dicadangkan

Jenis Hal yang Ingin Dicadangkan

Secara umum, file yang telah Anda buat adalah jenis file yang harus Anda cadangkan. Seperti yang Anda ketahui, kehilangan data adalah hal yang biasa terjadi. Ada kemungkinan hard disk Anda akan rusak pada suatu saat. File juga dapat hilang karena infeksi virus, serangan ransomware, pembaruan Windows, mati listrik, dan beberapa faktor lainnya. Oleh karena itu, pencadangan file sangat penting untuk mencegah kehilangan data.

Berbagai Proyek

Jika Anda melakukan pekerjaan kreatif, seperti pemrograman, pengeditan video, atau fotografi, pastikan untuk mencadangkan data Anda, terutama jika Anda sedang mengerjakan proyek yang sedang berlangsung.

Unduhan

Secara default, file yang diunduh disimpan di folder Unduhan komputer. Sebagian besar peramban online dan banyak program untuk mengunduh media memilih folder ini sebagai lokasi default untuk unduhan.

Meskipun Anda mungkin ingin menghapus terlebih dahulu unduhan besar yang tidak lagi Anda inginkan, ada baiknya membuat cadangan folder ini sebagai tindakan pencegahan. Bila Anda memiliki instalasi perangkat lunak atau PDF yang telah diunduh berbulan-bulan yang lalu, Anda tidak akan pernah tahu kapan Anda akan membutuhkannya.

Aplikasi

Menyimpan cadangan semua aplikasi Anda juga merupakan ide yang bagus. Hal ini akan mempermudah penginstalan ulang selama proses pemulihan dari bencana. Oleh karena itu, disarankan agar Anda meletakkan semua aplikasi baru yang Anda unduh dan instal dari Internet ke dalam folder khusus yang secara otomatis dicadangkan sebagai bagian dari prosedur pencadangan reguler Anda.

Favorit atau penanda pada peramban internet Anda

Lokasi penyimpanan penanda (juga dikenal sebagai favorit) Anda mungkin berbeda, tergantung pada peramban Internet yang sedang Anda gunakan. Sebagai contoh, Internet Explorer mungkin menyimpan bookmark Anda di folder Favorit di folder akun pengguna jika Anda menggunakan Windows. Browser lain seperti Google Chrome, Firefox memiliki fungsi Sinkronisasi, yang memungkinkan Anda menyinkronkan pengaturan browser (termasuk bookmark) di berbagai perangkat.

mencadangkan ke perangkat eksternal

Pencadangan Manual

Dengan pencadangan manual, Anda harus memulai proses pencadangan setiap kali Anda ingin mencadangkan data. Ini untuk individu yang ingin mengendalikan nasib mereka sendiri. Artinya, Anda mencadangkan situs web Anda secara manual kapan pun Anda menganggapnya penting.

Anda perlu memutuskan file mana yang ingin dicadangkan, di mana Anda ingin file tersebut dicadangkan, dan seberapa sering Anda ingin file tersebut disimpan. Hal ini membutuhkan waktu, yang mungkin tidak Anda miliki.

Berdasarkan layanan yang Anda pilih, instruksi dan metode yang tepat untuk mencadangkan situs web dapat bervariasi. Metode pencadangan manual lainnya adalah mengunduh dan membuat cadangan semua file dan data Anda secara manual.

Otomatisasi

Pencadangan Otomatis

Pencadangan otomatis merupakan bentuk paradigma pencadangan data di mana data dicadangkan dan disimpan dari jaringan/sistem lokal ke fasilitas pencadangan dengan sedikit atau tanpa keterlibatan manusia. Mengotomatiskan proses pencadangan menghilangkan waktu dan kerumitan yang terkait dengan pencadangan komputer, jaringan, atau lingkungan teknologi informasi secara manual.

Karena waktu adalah salah satu sumber daya paling berharga yang tersedia saat ini, fakta bahwa pencadangan otomatis menghemat waktu adalah penting dan harus menjadi perhatian Anda. Anda hanya perlu merencanakan kalender Anda di muka sekali saja; sistem akan mengurus segala sesuatunya untuk Anda!

Selain itu, masalah keamanan sama pentingnya dengan kecepatan dalam hal transaksi online. Penyedia yang Anda pilih untuk melakukan pencadangan otomatis bertanggung jawab untuk menjaga keamanan data yang dicadangkan: ini termasuk melindungi situs Anda dari potensi serangan peretas, kegagalan perangkat lunak, dan eksploitasi kelemahan keamanan lainnya.

perangkat penyimpanan

Metode 1: Perangkat Penyimpanan Fisik Eksternal

Tidak ada yang lebih sederhana dari ini: cukup sambungkan perangkat penyimpanan eksternal ke komputer Anda dan mulailah. Secara alami, drive tersedia dalam berbagai macam bentuk, ukuran, dan kombinasi. Drive dasar tidak memerlukan banyak biaya, tetapi tidak lebih dari sekadar duduk dan menunggu Anda melakukan pekerjaan. Hampir semua drive saat ini menggunakan antarmuka USB-A 3.0 atau USB-C berkecepatan tinggi.

Hard drive eksternal, kartu SD, dan flash drive, semuanya merupakan contoh penyimpanan fisik. Perangkat penyimpanan semacam ini memungkinkan pengguna untuk melihat file mereka tanpa koneksi internet dan untuk mentransfer data mereka dengan memberikan file mereka secara fisik kepada atasan atau anggota keluarga, dengan kepastian bahwa tidak ada orang lain yang dapat mencampuri data tersebut.

Meskipun demikian, kekhawatiran dengan perangkat eksternal adalah bahwa perangkat tersebut dapat mengalami beberapa bentuk kerusakan fisik, atau salah tempat.

Kloning gambar disk

Metode 2: Kloning Gambar Disk

Mengkloning hard disk atau partisi tertentu pada hard drive adalah salah satu cara yang umum digunakan untuk mencadangkan komputer. Cara ini menghasilkan klon yang identik dan tidak terkompresi dari seluruh drive atau partisi drive Anda.

Gambar adalah salinan semua data Anda - setiap file dan folder, serta aplikasi dan file sistem - dibuat dengan mengambil cuplikan hard disk Anda pada titik waktu tertentu. Ketika klon atau gambar digunakan untuk pemulihan, klon atau gambar akan menimpa kerangka kerja saat ini, dan hard disk akan kembali ke kondisi seperti saat pencadangan atau kloning.

Fakta bahwa klon disk tidak terkompresi berarti bahwa klon tersebut dapat disalin secara instan ke drive cadangan tujuan atau cloud, sehingga memastikan bahwa Anda selalu memiliki salinan data yang terbaru dan identik.

Dengan pencadangan, kloning sangat membantu untuk pemulihan cepat, namun, pencitraan memberi Anda lebih banyak kemungkinan pencadangan. Mengambil snapshot cadangan tambahan memungkinkan Anda untuk menyimpan beberapa foto tanpa khawatir akan menghabiskan banyak ruang tambahan.

Ketika Anda menjadi korban ransomware atau bencana data lainnya dan perlu memulihkan sistem Anda ke disk image sebelumnya, hal ini sangat penting untuk diingat.

Aplikasi transfer file Filemail

Metode 3: Menggunakan Solusi Berbasis Cloud Online

Saat ini, kita dapat dengan yakin mengatakan bahwa kita hidup di era cloud. Pencadangan online, yang sebelumnya dianggap sebagai layanan spesialis, sekarang dianggap sebagai praktik standar untuk informasi penting. Ini telah menjadi salah satu cara yang paling tepat untuk mencadangkan file komputer Anda!

Pencadangan awan, terkadang disebut sebagai pencadangan online atau pencadangan jarak jauh, adalah teknik untuk mentransfer duplikat file atau basis data fisik atau virtual ke tujuan sekunder di luar lokasi untuk disimpan jika terjadi kegagalan peralatan atau bencana alam.

Biasanya, server sekunder dan struktur penyimpanan data di-host oleh penyedia layanan pihak ketiga, membebankan biaya kepada pelanggan cadangan berdasarkan jumlah ruang penyimpanan atau kapasitas yang digunakan, jumlah data yang ditransmisikan, jumlah pelanggan, jumlah server, atau berapa kali data tersedia.

Anda bisa memilih antara perangkat lunak sinkronisasi yang secara otomatis mencadangkan file Anda ke dalam awan, atau Anda bisa melakukannya secara manual.

Perangkat lunak sinkronisasi, yang sangat penting bagi setiap orang yang menggunakan lebih dari satu komputer atau perangkat, menjamin bahwa Anda menyimpan file yang sama di semua komputer Anda. Selain itu, perangkat lunak ini juga umumnya tersedia dari perangkat seluler.

Ketika Anda memodifikasi sebuah file, perubahan tersebut secara otomatis dikomunikasikan ke semua PC lain yang terhubung ke akun tersebut, bahkan yang menjalankan sistem operasi yang berbeda. Ini adalah puncak redundansi yang terbaik.

Pada akhirnya, penyimpanan awan memungkinkan pengguna untuk berbagi dan mengakses data dari mana saja di seluruh dunia, tanpa harus mengunjungi sistem penyimpanan lokal mereka secara fisik. Secara keseluruhan, penyimpanan awan menyimpan informasi di server jarak jauh, yang darinya informasi tersebut dapat dipelihara dan dikontrol dari jarak jauh, serta didukung dan diambil.

Mentransfer File dengan Ukuran Berapapun
Transfer File Cepat dan Aman
Lihat Paket Berbayar Kami

Lihat artikel lainnya tentang penyimpanan data