Cara Mengirim File Besar Melalui Email

Ace20 Januari 2024
cara mengirim file besar melalui email

Cara Mengirim File Besar Melalui Email

Ketika Anda perlu mengirim file besar melalui email, bisa jadi membuat frustasi ketika Anda mendapatkan pop-up yang memberi tahu bahwa file Anda terlalu besar. Anehnya, sebagian besar server email tidak dapat mengirim atau menerima file dengan ukuran tertentu.

Tidak hanya itu, hanya karena Anda dapat mengirim lampiran melalui server email pengirim, tidak berarti email penerima dapat menerimanya. Bagaimana Anda memastikan bahwa Anda mengirim lampiran email yang dapat dibuka oleh penerima? Baca terus untuk mengetahui cara mengirim file besar melalui email.

Anda perlu memastikan bahwa Anda mengetahui ukuran lampiran email Anda sebelum mengirimkannya. Batasan ukuran untuk server email tidak satu ukuran untuk semua dan bervariasi untuk setiap penyedia. Untungnya, sebagian besar layanan email akan menampilkan ukuran file di samping nama file.

Jika Anda melampirkan beberapa file, Anda akan ingin melacak ukuran total lampiran Anda. Jika ukuran file ditampilkan dalam Kilobyte, bukan megabyte, ketahuilah bahwa ada 1024 kilobyte dalam satu megabyte.

Banyak bisnis dan individu yang menggunakan penyedia layanan berbasis awan dan layanan transfer file berbasis awan untuk mem-bypass ukuran lampiran saat mengirim file besar melalui email.

Transfer Hingga 5 GB Gratis
Tidak Perlu Registrasi
Kirim File Besar Sekarang

Layanan Penyimpanan Berbasis Cloud Untuk Mengirim File Besar Melalui Email

Ketika Anda memiliki file besar untuk dikirim melalui email, tetapi file tersebut terlalu besar, salah satu solusi yang lebih efisien adalah dengan menggunakan layanan penyimpanan berbasis cloud.

Ruang penyimpanan awan seperti iCloud Mail Drop, OneDrive, dan Google Drive adalah cara terbaik untuk mengirim file besar melalui email. Ketika Anda memiliki grafik, video, presentasi, data, atau lainnya yang berkualitas tinggi dan Anda perlu mengirimkannya, solusi cloud memungkinkan Anda untuk mengunggah file Anda ke layanan cloud.

Kemudian kirimkan tautan agar penerima dapat mengakses file tersebut melalui tautan, bukan lampiran. Jika kedengarannya menakutkan, hal ini mudah dilakukan setelah Anda menguasainya. Berikut ini cara mengirim lampiran besar melalui layanan penyimpanan berbasis cloud.

Apple iCloud dan mail untuk berbagi file besar

1. Mail Drop iCloud dengan Apple Mail

Dengan menggunakan akun iCloud, Anda diatur untuk menggunakan Mail Drop, yang memungkinkan Anda untuk mengirim file besar hingga 5GB melalui iCloud. Ketika Anda menggunakan Mail Drop, file-file tersebut disimpan dalam bentuk terenkripsi dan tersedia untuk diunduh oleh penerima dalam waktu 30 hari.

Pertama, Anda harus memastikan Mail Drop diaktifkan dari Akun Mail Apple Anda.

1. Buka Apple Mail dari Mac dan pilih Preferensi dari bar menu di bawah Mail.

2. Di bawah tab Akun, pilih akun yang ingin Anda aktifkan Mail Drop-nya.

3. Centang kotak di samping Kirim lampiran besar dengan Mail Drop.

4. Tulis email baru menggunakan Apple Mail dan pastikan kursor teks ditempatkan di tempat yang Anda inginkan untuk menampilkan lampiran.

5. Pilih File, lalu pilih Lampirkan file. Pilih file yang ingin Anda lampirkan dan klik Pilih File.

Jika lampiran Anda melebihi batas ukuran, Apple Mail akan secara otomatis mengunggah file ke server iCloud untuk penerima.

Kelebihan

Kekurangan

Lampiran diunggah ke iCloud dan menyertakan tautan yang aman.Mail Drop hanya memiliki batas 5GB, jadi apa pun yang lebih dari itu akan gagal menggunakan metode ini.
Lampiran tidak dihitung terhadap total ruang penyimpanan iCloud Anda dan hanya disimpan di awan selama 30 hari.Beberapa lampiran tidak dapat ditransfer dengan baik ke sistem operasi lain seperti Windows.
Menggunakan Gmail untuk mengirim file besar melalui email

2. Google Drive dengan Gmail

Google Drive memungkinkan Anda mengirim lampiran hingga 25MB dan menerima file hingga 50MB. Mengirim file besar melalui Google Drive mengharuskan Anda untuk mengunggahnya terlebih dahulu dan kemudian mengirimkannya melalui email. Cukup ikuti langkah-langkah sederhana ini.

1. Masuk ke kotak masuk Gmail Anda dan pilih Tulis di sudut kiri atas layar untuk memulai pesan baru.

2. Dari tombol ikon di bagian bawah pop-up pesan baru, pilih ikon Google Drive. Kotak dialog akan muncul, memungkinkan Anda untuk memasukkan file.

3. Jika Anda belum mengunggah file ke Google Drive, Anda dapat melakukannya dari kotak dialog ini. Pilih Unggah dari menu atas. Anda dapat menyeret dan meletakkan lampiran besar Anda, atau Anda dapat mengeklik Pilih file dari perangkat Anda. Pilih Unggah untuk menambahkan file ke Google Drive.

4. Jika file Anda sudah diunggah di Google Drive, Anda dapat mencari file Anda di Drive. Sorot file tersebut dan klik tombol Sisipkan.

5. Pastikan untuk mengatur izin sebelum Anda mengirim email untuk memastikan penerima dapat mengakses file tersebut. Gmail Anda akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan penerima memiliki akses ke file untuk Anda dan meminta Anda memperbarui pengaturan berbagi file sebelum mengirim pesan.

Tautan lampiran sekarang akan ditambahkan ke email Anda.

Kelebihan

Kekurangan

Berbagi file itu mudah dan memiliki banyak alat bawaan untuk berkolaborasi dengan orang lain pada file Anda dengan mudah.Ada potensi risiko keamanan ketika berbagi file tanpa proteksi kata sandi untuk file Anda.
File bersifat pribadi hingga Anda membagikannya kepada penerima yang dituju.Google Drive memberlakukan batas unggahan ke drive Anda, sehingga batasan ini dapat membuat frustasi jika Anda perlu berbagi beberapa file besar ke Google Drive.
Anda dapat mengakses file Anda dari mana saja.
Satu drive dan Outlook untuk mengirim email file besar

3. OneDrive dengan Outlook

Bagi banyak bisnis, layanan email utama mereka adalah Outlook. OneDrive adalah solusi yang sangat baik untuk mengirim file besar melalui email dengan Outlook. Outlook hanya mengizinkan hingga 33MB untuk lampiran. Anda harus memastikan untuk menyimpan file Anda terlebih dahulu ke OneDrive sebelum membagikannya.

Berikut ini cara mengirim file Anda melalui email menggunakan OneDrive

1. Anda harus memulai dengan masuk ke akun OneDrive Anda.

2. Klik kanan pada file yang ingin Anda bagikan. Dari menu tarik-turun, pilih Bagikan.

3. Pada kotak pop-up, masukkan alamat email orang yang ingin Anda bagikan file dan perbarui izin yang ingin Anda tetapkan untuk dokumen tersebut. Metode ini menghasilkan email secara otomatis dengan tautan untuk melihat file besar.

4. Jika Anda ingin membuat email khusus, buatlah tautan dari tombol salin tautan di bagian kiri bawah pop-up alih-alih memasukkan email penerima untuk mengundang secara otomatis. Rekatkan tautan tersebut ke dalam email baru melalui Outlook.

Kelebihan

Kekurangan

Anda bisa menyimpan file apa pun di OneDrive, dan memiliki antarmuka yang mudah digunakan yang memudahkan pengiriman file besar melalui email.Paket gratis OneDrive memungkinkan penyimpanan hingga 5GB, dan Anda harus membayar untuk penyimpanan tambahan.
Microsoft merupakan bisnis yang mapan sehingga Anda tahu bahwa mereka solid, dapat diandalkan, dan dapat diandalkan.Keamanan menjadi perhatian saat menggunakan OneDrive.
Ia hanya mengenkripsi data yang sedang transit tetapi bukan data yang ada di sana.
Izin pengguna dapat memungkinkan orang untuk mengubah dokumen yang tidak diinginkan.

Layanan Transfer File Berbasis Cloud Untuk Mengirim File Besar Menggunakan Email

Ketika layanan cloud dimulai, layanan ini lebih ditujukan kepada konsumen untuk email berbasis web, media sosial, foto, dan lokasi penyimpanan pribadi. Seiring dengan berkembangnya solusi cloud dan meningkatnya keamanan, layanan cloud telah terbuka sehingga seluruh infrastruktur jaringan dapat beroperasi di dalam cloud, termasuk transfer file.

Permintaan akan proses berbagi yang aman untuk berbagi dokumen dan data sensitif terus meningkat, dan semakin banyak orang yang mengadopsi layanan transfer file berbasis cloud. Dengan meningkatnya jumlah karyawan yang bekerja dari rumah, sangat penting untuk memiliki solusi yang mudah digunakan dan aman yang memungkinkan karyawan untuk mengirim dan menerima file data berukuran besar.

Anda selalu dapat menggunakan layanan transfer file berbasis cloud.

Layanan berbagi file Filemail

Filemail

Filemail adalah salah satu dari sekian banyak solusi yang menyediakan layanan yang memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima file dengan berbagai ukuran secara online. Layanan ini dilengkapi dengan fitur keamanan yang membuat transfer file Anda aman dengan memungkinkan Anda untuk mengatur periode ketersediaan dan mengatur proteksi kata sandi. Hal ini membantu mencegah file Anda jatuh ke tangan yang salah.

Menggunakan Filemail itu sederhana dan memberikan Anda dua opsi untuk mengirim file berukuran besar secara online. Anda dapat mengirimkannya secara langsung atau dengan membuat tautan dan mengirimkannya melalui platform email pilihan Anda.

1. Dari situs web Filemail, pilih tombol Tambah File untuk memilih file yang ingin Anda kirim.

2. Jika Anda ingin mengirim sebagai email, pilih tab Kirim Sebagai Email dan buat draf email yang akan dikirim menggunakan alamat email Anda.

3. Jika Anda lebih suka menggunakan server email utama, pilih tab Kirim sebagai tautan dan salin tautannya.

4. Sebuah pop-up akan muncul untuk memungkinkan Anda mengatur durasi ketersediaan file.

Filemail memungkinkan Anda berbagi file hingga 5GB secara gratis. Dengan akun berbayar, Anda mendapatkan lebih banyak fitur, seperti penyimpanan 1 TB, menambahkan logo atau latar belakang, cocok untuk bisnis kecil.

Metode-metode ini adalah beberapa cara terbaik untuk mengirim file besar melalui email. Anda selalu ingin memastikan bahwa Anda menggunakan cloud khusus yang aman dan alat transfer. Keamanan adalah salah satu hal yang paling penting ketika mengirim atau menerima lampiran berukuran besar.

Selalu pastikan untuk hanya membuka lampiran dari orang yang Anda kenal dan percayai, dan pastikan lampiran tersebut berasal dari salah satu metode aman yang disebutkan di atas.

Kirim File Besar dengan Ukuran Berapapun
Penerima, Unduhan, & Bandwidth Tak Terbatas
Lihat Paket Berbayar Kami

Mengapa email bukan media yang aman atau memadai untuk berbagi file besar