Cara Mentransfer File Dari Mac Ke Mac

Ace24 Januari 2024
cara mentransfer file dari mac ke mac

Dalam artikel ini, kami akan membahas 7 cara berbeda untuk menjawab pertanyaan Anda tentang cara mentransfer file dari Mac ke Mac. Kami juga akan memberikan petunjuk langkah demi langkah agar Anda bisa langsung menggunakan solusi yang disarankan.

Mentransfer file dan folder di berbagai perangkat Apple menjadi sangat mudah dalam kondisi tertentu, oleh sistem operasi terpadu perusahaan. Oleh karena itu, jika Anda ingin berbagi file dengan pemilik Mac lain atau Anda baru saja membeli Mac baru dan ingin memindahkan beberapa file dari laptop sebelumnya ke yang baru, ini akan sangat mudah.

Beberapa pendekatan dapat digunakan untuk memindahkan file dari satu Mac ke Mac lainnya atau untuk bertukar data antar Mac. Dalam artikel ini, kami akan memberikan penjelasan rinci tentang cara yang paling layak yang cocok untuk semua jenis transfer data.

Transfer Hingga 5 GB Gratis
Tidak Perlu Registrasi
Transfer File Sekarang
Asisten migrasi untuk mentransfer dari mac ke mac

1. Mentransfer File Antar Mac Menggunakan Asisten Migrasi

Asisten Migrasi Apple akan mentransfer semua file Anda dari Mac pengirim ke Mac tujuan, sehingga Anda tidak perlu menyalinnya secara manual. Jika file Anda saat ini disimpan di PC, Anda harus mengikuti prosedur migrasi PC.

  1. Luncurkan Migration Assistant di area Utilitas pada folder Aplikasi di Mac pengirim dan Mac tujuan.
  2. Di Mac pengirim, saat Anda diminta izin untuk melakukan modifikasi, masukkan kata sandi administrator, lalu klik OK.
  3. Saat ditanya mengenai cara Anda ingin mentransfer data, pilih opsi untuk mentransfer dari Mac, cadangan Time Machine, atau disk pengaktifan. Lalu klik Lanjutkan.
  4. Jika kode keamanan muncul di Mac pengirim, pastikan kode tersebut cocok dengan yang ditampilkan di Mac baru Anda. Klik Lanjutkan setelahnya.
  5. Di Mac baru Anda, Pilih informasi yang akan ditransfer.
  6. Pilih Lanjutkan untuk memulai transfer. Transfer dalam jumlah besar mungkin memerlukan waktu berjam-jam untuk diselesaikan, oleh karena itu, akan lebih mudah jika Anda memulai migrasi di malam hari dan membiarkannya berjalan semalaman.
  7. Setelah transfer selesai, tutup Asisten Migrasi di kedua mesin dan sambungkan ke akun yang dimigrasi di Mac baru untuk melihat file-filenya.
Tetesan udara Apple

2. Mentransfer File Antar Mac Dengan AirDrop

Jika kedua Mac Anda menjalankan Mac OS X Lion atau versi yang lebih baru, AirDrop adalah salah satu cara paling sederhana untuk berbagi file di antara keduanya dengan cepat, dan Anda bisa memanfaatkan fungsi ini selama kedua Mac Anda diperbarui. Tidak perlu menggunakan WiFi untuk mengangkut file di antara kedua Mac; jaringan ad-hoc akan dibangun di antara keduanya secara otomatis selama keduanya berdekatan satu sama lain.

Untuk menggunakan AirDrop, lakukan tindakan berikut di dalam Finder Mac OS:

  1. Untuk meluncurkan AirDrop, tekan Command + Shift + R pada papan ketik Anda.
  2. Untuk mentransfer file ke Mac lain, Anda harus terlebih dahulu menunggu Mac tersebut terlihat sebelum Anda dapat menyeret dan melepaskan file ke Mac tersebut.
  3. Terima transfer file menggunakan Mac yang menerimanya.
iMessage untuk memindahkan file dari mac ke mac

3. Mentransfer Data Dari Mac Ke Mac Menggunakan iMessage

iMessage muncul sebagai lebih dari sekadar alat komunikasi: iMessage juga berguna untuk mentransfer dan berbagi file. Anda bahkan dapat mentransfer file dari Mac ke Mac lain dari jarak jauh melalui iMessage.

  1. Yang perlu Anda lakukan adalah meluncurkan aplikasi Pesan di Mac Anda. Buka menu Pesan di bawah Aplikasi.
  2. Mulai percakapan iMessage baru. Percakapan ini harus ditujukan kepada orang yang ingin Anda kirimi.
  3. Seret dan letakkan file atau folder ke dalam kotak pesan, atau salin dan tempel file atau folder ke dalam jendela.
  4. Untuk mengirim, cukup tekan tombol kembali. Mac Anda yang lain akan menerima file atau folder saat Anda mengirimkannya melalui iMessage.
  5. Setelah itu, Anda dapat dengan mudah menyimpannya dari dalam iMessage dengan mengeklik kanan pada lampiran dan memilih "Save As."
  6. Terakhir, simpan di folder unduhan di Mac mereka.
Bluetooth untuk mentransfer file dari mac ke mac

4. Mentransfer Data Antar Mac Melalui Berbagi Bluetooth

Sekarang kita akan melihat alternatif lain dalam artikel kami tentang cara mentransfer file dari Mac ke Mac, berbagi Bluetooth. Ketika dua Mac tidak terhubung ke jaringan yang sama, ini adalah metode praktis untuk mentransfer data di antara keduanya.

  1. Siapkan MacBook pengirim untuk pertukaran file.
  2. Buka Bluetooth di Mac tujuan dengan mengeklik ikon Bluetooth di bar menu atau dengan mengeklik tombol System Preferences, pilih Bluetooth, dan pastikan Bluetooth dinyalakan dan sistem dalam mode Discoverable.
  3. Setelah Anda mengonfirmasi bahwa pilihan Berbagi Bluetooth diaktifkan untuk layanan ini, buka Finder di mesin host, pilih Applications (Aplikasi), klik dua kali Utilities (Utilitas), lalu klik dua kali Bluetooth File Exchange (Pertukaran File Bluetooth).
  4. Anda kemudian dapat mengirimkan file ke Mac lain dengan memilihnya di kotak Bluetooth File Exchange Finder yang kemudian ditampilkan, klik tombol Share, lalu arahkan ke file yang ingin Anda kirim.
  5. Exchange akan terbuka ketika Anda mengklik jendela koneksi Bluetooth macOS. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses folder Public perangkat, mengunduh file dari perangkat, dan mentransfer file ke perangkat.
  6. Untuk menerima koneksi, pada Mac yang akan berfungsi sebagai tujuan, klik Hubungkan di dalam kotak berlabel Permintaan Koneksi yang akan ditampilkan.
  7. Pada Mac host, jendela koneksi Bluetooth akan mendapatkan pembaruan dan menunjukkan bahwa sistem tujuan telah terhubung.
  8. Pada Mac tujuan, sebuah jendela akan muncul menanyakan penerima apakah mereka ingin menerima file yang dikirim atau tidak
  9. Untuk menyimpannya di Mac Anda, klik tombol Terima.
Apple iCloud

5. Mentransfer File Dari Mac Ke Mac Menggunakan Penyimpanan iCloud

Tidak diragukan lagi, Penyimpanan iCloud dapat dianggap sebagai penghubung tak terlacak yang menyatukan berbagai komponen ekosistem Apple. Kapan pun Anda menghapus file secara tidak sengaja atau tidak membawa komputer, Anda dapat memulihkannya. Selain itu, Anda dapat mengakses file yang tersimpan di iCloud Drive kapan pun dan dari lokasi mana pun.

Dengan cara yang sangat mudah, Anda dapat menyelaraskan data di semua Macbook dan perangkat lain dengan menggunakan ID Apple Anda. Namun, perhatikan bahwa Anda perlu mengaktifkan penyelarasan untuk file yang ingin Anda kirimkan.

  1. Luncurkan Preferensi Sistem, lalu klik ID Apple, lalu pilih iCloud.
  2. Pilih semua file yang ingin Anda sertakan dalam penyelarasan.
  3. Gunakan informasi masuk yang sama pada Mac baru.
  4. Buka menu Preferensi Sistem, klik ID Apple, lalu klik Masuk.
  5. Masukkan ID Apple dan kata sandi yang terkait dengannya.
  6. Ada kemungkinan salah satu perangkat yang tersambung akan mengirimkan kode verifikasi kepada Anda.
  7. Masukkan kode rahasia tersebut.
  8. Selanjutnya, aktifkan iCloud dan layanan penyimpanan file lainnya dengan membuka Preferensi Sistem > ID Apple > iCloud.

berbagi file di antara Mac

6. Mentransfer File Antar Mac Menggunakan Berbagi File

Menggunakan kemampuan Berbagi File yang ada di dalam macOS adalah salah satu solusi termudah dan paling aman untuk mentransfer file. Opsi ini ada di opsi Berbagi dan memungkinkan Anda berbagi file dan berbagai folder di Mac dengan pengguna atau grup yang berwenang di jaringan yang sama.

  1. Pilih System Preferences dari menu Apple untuk membuka jendela System Preferences.
  2. Pilih bagian Preferensi berbagi. Sisi kiri panel Preferensi berbagi berisi daftar layanan yang dapat dibagikan. Beri tanda centang pada kotak Berbagi File.
  3. Titik hijau akan muncul di samping tulisan File Sharing On. Alamat IP akan muncul tepat di bawah teks. Catat alamat IP karena Anda akan membutuhkannya di tahap selanjutnya.
  4. Klik tombol di sebelah kanan paragraf berlabel Opsi. Beri tanda centang pada kotak Bagikan file dan folder dengan SMB dan Bagikan file dan folder dengan AFP.
  5. Mac Anda kini siap untuk mendistribusikan file dan folder menggunakan AFP untuk Mac lawas dan AFP untuk Mac OS X.
  6. Pilih System Preferences dari menu Apple pada Mac Anda dan klik panel Sharing preference dengan mengekliknya. Fungsi yang dapat Anda bagikan tercantum di sepanjang sisi kiri panel pilihan Berbagi. Pastikan kotak berlabel "Berbagi File" dicentang.
  7. Anda seharusnya melihat tanda centang hijau di sebelah teks yang menyatakan File Sharing Aktif pada saat ini. Alamat IP dapat dilihat tepat di bawah teks. Catat alamat IP karena Anda akan memerlukan informasi ini untuk prosedur selanjutnya.
  8. Tekan tombol berlabel Opsi, yang terletak di sebelah kanan teks. Beri tanda centang pada kotak yang bertuliskan "Bagikan file dan folder menggunakan SMB," serta kotak yang bertuliskan "Bagikan file dan folder menggunakan AFP."
  9. Mac Anda kini siap untuk berbagi file dan folder dengan komputer lain melalui AFP, yang dirancang untuk Mac lama.
  10. Saat Anda ingin mentransfer file, Anda akan melihat rincian Mac Anda di bagian atas layar, dan di bawah rincian tersebut, Anda akan melihat sebuah nama.
  11. Anda dapat memberikan nama tersebut ke mesin Mac lain di jaringan nirkabel lokal yang ingin berbagi akses ke Mac Anda.
  12. Letakkan folder atau file yang ingin Anda jadikan publik di folder Publik bersama yang telah Anda konfigurasikan di menu Pengaturan pada System Preferences. Akhirnya, Mac lain akan dapat mengaksesnya!
Platform Berbagi File Filemail

7. Mentransfer File Antar Mac Dengan Filemail

Meskipun pengguna Mac bisa menggunakan situs web kami untuk berbagi file satu sama lain, di bagian ini, saya akan membahas FileMail Desktop untuk Mac. Proses pengiriman file melalui situs web dan aplikasi desktop kami adalah sama, sehingga Anda dapat mengikuti prosesnya meskipun Anda tidak menginstal aplikasi desktop, atau hanya ingin menggunakan situs web kami.

Selain itu, tidak ada biaya apa pun untuk menggunakan FileMail jika Anda ingin berbagi file berukuran kurang dari 5GB. Tidak perlu mendaftar.

Selain itu, tidak ada biaya apa pun untuk menggunakan FileMail jika Anda ingin berbagi file berukuran kurang dari 5GB. Tidak perlu mendaftar.

  1. Jalankan aplikasi desktop, atau buka beranda di situs web kami.
  2. Klik "Tambahkan file".
  3. Arahkan ke, dan lampirkan, file dan/atau folder yang diinginkan.
  4. Anda dapat memilih untuk mengirim file sebagai email atau mengunggah file dan mendapatkan tautan yang dapat dibagikan.
  5. Jika Anda memilih "Kirim sebagai email", ketik alamat email penerima. Kirimkan pesan opsional jika Anda menginginkannya.
  6. Tekan tombol kirim.
  7. Penerima akan mendapatkan email, dengan instruksi tentang cara mengunduh file.
  8. Jika Anda memilih "Kirim sebagai tautan", setelah file Anda diunggah, Anda akan menerima tautan, yang dapat Anda bagikan dengan siapa pun yang ingin Anda bagikan file tersebut.

Jika Anda bekerja dalam kapasitas profesional, Anda hampir pasti akan diminta untuk mentransfer file ke individu dan organisasi yang berada di seluruh dunia. Filemail sangat berguna dalam situasi ini. Tidak ada persiapan yang sulit, tidak ada kode QR yang harus dibaca, dan tidak ada rintangan yang harus dilalui. Mengirim file semudah mengirim pesan email.

Aplikasi Filemail Desktop memungkinkan Anda untuk mengirim file besar dengan ukuran berapa pun, ke alamat email mana pun menggunakan antarmuka seret dan lepas yang sederhana. Anda juga dapat mengunggah file ke URL pribadi untuk dibagikan dengan orang lain. Transfer ditingkatkan dengan protokol UDP Filemail, yang menjadikannya metode tercepat dan paling dapat diandalkan untuk mengirim file besar melalui internet.

Timbangan

Jenis Transfer

Kelebihan

Kekurangan

Berbagi FileIni adalah metode transfer langsung dengan kecepatan transfer yang sangat cepat Karena Mac Anda mungkin sudah terhubung ke jaringan lokal, pengaturan dan pengaktifan Berbagi File mungkin satu-satunya modifikasi yang diperlukan untuk sebagian besar pengguna.Agar berfungsi, kedua perangkat harus berbagi jaringan.
AirDropDibandingkan dengan banyak pilihan lain, AirDrop lebih cepat dan lebih aman. Karena dapat secara otomatis menemukan receiver yang berdekatan, maka tidak perlu menghubungkan perangkat apa pun.Pendekatan yang lambat dengan kecepatan transfer sekitar 40 MB/detik di antara model Mac modern. Mungkin digunakan secara jahat jika digunakan di jaringan publik, jadi berhati-hatilah dalam mengizinkan orang lain mentransfer file ke Mac Anda melalui AirDrop.
Berbagi JaringanSalah satu metode paling efisien bagi mereka yang ingin sering mengirim fileAgar berfungsi, kedua perangkat harus berbagi jaringan.
Asisten MigrasiOpsi intuitif yang mudah digunakan Opsi ini mereplikasi semua file Anda dan memungkinkan Anda memilih akun pengguna mana yang ditransfer ke Mac baru.Semua file Anda akan diduplikasi. Jika Anda telah meningkatkan Mac Anda selama bertahun-tahun, Anda mungkin memiliki ratusan atau bahkan ribuan file usang yang memenuhi ruang.
iCloudKetika menggunakan penyimpanan cloud, semua perangkat Anda akan disinkronkan dan diperbarui setiap kali Anda membuat perubahan pada file. Layanan iCloud juga berfungsi pada perangkat non-iOS, namun layanan ini terintegrasi dengan baik dengan ekosistem Apple. Penyedia penyimpanan awan meningkatkan keamanan layanan mereka dengan lapisan ekstra.Konektivitas internet diperlukan untuk penyimpanan file berbasis awan. Mengunggah dan mengunduh data dari awan menimbulkan biaya tambahan yang mungkin bertambah. Kadang-kadang transfer file bisa menjadi lamban jika server kelebihan beban.
FileMail
Gratis untuk digunakan, dan tidak perlu registrasi File besar didukung Waktu transfer yang cepat dan mudah
Diperlukan konektivitas internet. Untuk berbagi berkas yang sangat besar diperlukan langganan, meskipun tersedia uji coba gratis selama 7 hari.
Mentransfer File dengan Ukuran Berapapun
Penerima, Unduhan, & Bandwidth Tak Terbatas
Lihat Paket Berbayar Kami

Lihat artikel lainnya tentang cara mentransfer file antar perangkat