Batas Ukuran Lampiran Gmail Dan Cara Membagikan File Yang Melewati Batas

Gmail adalah layanan email populer dari Google. Sejak diluncurkan pada tahun 2004, Gmail telah menjadi salah satu layanan email yang paling sering digunakan di seluruh dunia.

Antarmuka Gmail yang mudah digunakan menjadikannya pilihan yang tepat bagi pengguna email baru, yang menjelaskan popularitasnya. Faktanya, Gmail memiliki 1,8 miliar pengguna aktif di seluruh dunia pada akhir tahun 2021.

Namun, salah satu fitur yang berpotensi menghambat penggunaannya secara luas adalah pembatasan pada lampiran email yang dapat dikirim dan diterima melaluinya. Batas ukuran lampiran Gmail pada file yang dapat dikirim atau diterima melalui servernya, dapat menjadi masalah ketika berbagi file berukuran besar.

Pembatasan ini dapat menjadi masalah dan menghambat berbagi file berukuran besar seperti spreadsheet, presentasi, trek musik, dan video. Untungnya, ada metode yang dapat melewati batas tersebut.

Dalam artikel blog ini, kita akan melihat bagaimana Anda dapat melewati batas ukuran ini untuk mengirim email besar dengan lampiran besar melalui Gmail. Mari kita selami!

Kirim File Hingga 5 GB Gratis

Tidak Perlu Registrasi

Mengapa Email Memiliki Batas Ukuran?

Ada dua alasan utama mengapa Gmail memiliki pembatasan ukuran file ini.

Alasan pertama adalah untuk memastikan bahwa file tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk diunggah atau diunduh. Mengingat bahwa dibutuhkan sekitar 14 detik untuk mengunggah file berukuran 1 MB, maka mengirim file besar melalui email dapat menghabiskan banyak waktu, dan itulah sebabnya Gmail memiliki pembatasan ini.

Gmail juga memiliki batas ukuran ini karena file yang lebih besar dapat mengandung virus atau malware yang dapat menginfeksi komputer Anda jika Anda mengunduhnya. Dengan mempertimbangkan risiko ini, Gmail membatasi pengiriman dan penerimaan file berukuran besar untuk memastikan keamanan penggunanya. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi batas ukuran ini.

Ukuran Lampiran Email dari Penyedia Email Teratas

Penyedia email gratis teratas seperti Gmail, Yahoo, Outlook, dan lainnya memiliki batas ukuran file yang dapat dikirim atau diterima melalui server mereka. Mari kita lihat bagaimana berbagai penyedia layanan bersaing dengan Gmail dalam hal ukuran file.
Penyedia Email Batas Ukuran Lampiran File (MB)
Outlook.com / Hotmail.com
34
Gmail.com
25
ProtonMail.com
25
Yahoo.com
25
AOL.com
25
Mail.com
30
Seperti yang bisa Anda lihat dari daftar, ada ukuran umum 25 MB yang diberlakukan oleh hampir semua penyedia email terkemuka pada lampiran. Ini karena server mereka dikonfigurasikan untuk menangani file sebesar itu dan mereka ingin menjaga agar tetap konsisten.
Namun, Gmail memiliki salah satu batas terendah dalam hal lampiran email. Ini adalah alasan mengapa Anda mungkin mengalami masalah saat mengirim file besar melalui Gmail. Namun jangan berkecil hati, karena ada cara untuk mengirim email berukuran besar melalui Gmail.
melewati batas ukuran lampiran gmail

Cara Melewati Batas Ukuran File Gmail

Ada banyak cara berbeda untuk mengirim email berukuran besar melalui Gmail. Anda hanya perlu mengetahui solusi yang tepat. Mari kita lihat beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk mengirim file besar melalui Gmail.
kompres dan kurangi

1. Kompres File Anda

Mengompres file Anda untuk melewati batas ukuran Gmail adalah salah satu metode termudah. Anda hanya perlu mengompres file Anda ke dalam format ZIP atau RAR sehingga Anda dapat mengirimkannya ke kontak Gmail Anda. Ketika mereka menerima file tersebut, yang harus mereka lakukan adalah mengekstraknya sebelum membukanya. Sesederhana itu.
Untuk meng-zip file Anda, yang perlu Anda lakukan adalah klik kanan pada file dan pilih opsi "Kirim ke"> "Folder terkompresi (zip)." Diperlukan waktu beberapa detik agar file terkompresi dan Anda dapat mengirimkannya ke kontak Gmail Anda. Setelah mereka menerimanya, yang perlu mereka lakukan adalah klik kanan pada file dan pilih opsi untuk "Ekstrak Semua."
pemisahan file

2. Pemisah File

Anda juga dapat menggunakan pemisah file untuk melewati batas ukuran Gmail. Pemisah file adalah aplikasi yang memungkinkan Anda memecah file menjadi potongan-potongan yang lebih kecil dan mengirimkannya dalam email terpisah. 

Sebagai contoh, Anda dapat membagi file berukuran 25 MB menjadi 5 bagian yang masing-masing berukuran 5 MB dan mengirimkannya dalam 5 email terpisah. Hal ini memastikan bahwa file tersebut sampai ke penerima yang dituju tanpa masalah.

Ada banyak pemisah file yang tersedia secara online, tetapi menemukan salah satu yang paling cocok untuk Anda adalah kuncinya. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih pemisah file adalah:

1. Format file yang didukung

Anda perlu memastikan bahwa file splitter mendukung format file Anda. Aplikasi ini juga harus dapat menangani file besar, seperti video dan gambar.

2. Beberapa email

Anda harus mencari pemisah file yang memungkinkan Anda memisahkan dan mengirim file besar Anda dengan cepat ke dalam beberapa email. Dengan cara ini, Anda tidak akan mengalami masalah apa pun saat mengirim file besar melalui Gmail.

3. Kemudahan penggunaan

Inti dari penggunaan pemisah file adalah untuk membuat prosesnya cepat dan mudah. Jadi, Anda harus mencari pemisah file yang memudahkan untuk memisahkan file Anda menjadi beberapa email. Anda juga bisa mencari pemisah berkas gratis yang bisa Anda gunakan tanpa harus membayar biaya apa pun.

3. Opsi Penyimpanan Cloud

Opsi penyimpanan awan dengan cepat menjadi pilihan utama pengguna yang ingin berbagi file berukuran besar. Dengan layanan penyimpanan awan seperti Google Drive dan Dropbox, Anda dapat mengunggah file dan mengirimkan tautan ke penerima. Mereka kemudian dapat mengunduh file tersebut dari akun penyimpanan awan masing-masing.

OneDrive

OneDrive adalah salah satu layanan penyimpanan awan yang paling populer di luar sana. OneDrive memungkinkan Anda menyimpan, berbagi, dan menyinkronkan file pekerjaan atau sekolah di satu tempat. Anda dapat menyimpan dokumen Anda ke OneDrive dan mengaksesnya dari perangkat apa pun. Anda dapat berbagi file di OneDrive dengan orang lain, di mana pun mereka berada.

Google Drive

Sebagai salah satu layanan Google yang paling populer, Google Drive memungkinkan Anda untuk menyimpan dan berbagi file di semua perangkat. Anda dapat membuat, mengunggah, dan mengedit file Anda di awan dan bahkan berkolaborasi dengan orang lain untuk mengerjakan satu file. Anda dapat memilih dari Google Dokumen, Spreadsheet, Slide, dan Formulir untuk membuat file.

Dropbox

Dropbox memungkinkan Anda menyimpan dan berbagi file, termasuk foto. Anda dapat menentukan siapa yang dapat melihat setiap file atau folder dan merahasiakannya dengan kata sandi. Dropbox dapat membantu Anda melindungi konten Anda. Anda tidak perlu khawatir dengan ukuran file ketika menggunakan opsi ini, karena opsi ini dirancang untuk menangani file berukuran besar.

4. Layanan Transfer File Berbasis Cloud

Jika Anda ingin berbagi file berukuran besar dengan rekan bisnis, teman, atau anggota keluarga Anda, menggunakan layanan transfer file berbasis awan bisa menjadi ide yang bagus. Ini adalah layanan yang menyediakan ruang penyimpanan awan dalam jumlah besar untuk berbagi file dengan pengguna lain di seluruh dunia.

Layanan transfer file berbasis awan berfungsi seperti layanan penyimpanan awan. Anda bisa mengaksesnya dari perangkat apa pun dan layanan ini sangat berguna ketika Anda sedang bepergian. Ada banyak layanan berbeda yang tersedia, jadi menemukan layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda bisa jadi sedikit menantang.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih layanan transfer file berbasis cloud:

1. Batas Ukuran File

Pastikan layanan transfer file yang Anda pilih mendukung semua file Anda dan tidak membatasi ukuran file Anda. Sebaiknya Anda juga menguji layanan transfer file sebelum menggunakannya pada file Anda, karena beberapa layanan ini dapat menyebabkan masalah.

2. Dukungan Format File

Anda perlu memastikan bahwa layanan transfer file yang Anda pilih mendukung semua format file Anda. Layanan ini juga harus dapat menangani file berukuran besar, seperti video dan gambar.

3. Saluran yang Didukung

Anda harus memastikan layanan transfer file yang Anda pilih mendukung saluran komunikasi yang Anda gunakan, seperti email dan media sosial.

4. Fitur Keamanan dan Privasi

Anda sebaiknya mencari layanan transfer file yang memungkinkan Anda mengirim file yang aman, menawarkan enkripsi ujung ke ujung, dan mencegah pihak ketiga mencegat file Anda.

5. Harga

Sebelum memilih layanan transfer file, Anda harus mempertimbangkan paket harganya. Anda tidak perlu membayar untuk layanan transfer file, tetapi penting untuk melihat struktur harganya.
aplikasi multi-platform

Filemail

Filemail adalah salah satu opsi yang paling layak di luar sana yang memungkinkan Anda mengirim file besar ke siapa pun melalui email dengan mudah dan cepat. Filemail sepenuhnya gratis dan memungkinkan Anda untuk mengirim file sebanyak yang Anda inginkan. 

 Versi gratis Filemail memiliki batasan 5 GB, tetapi mereka juga memiliki opsi berbayar yang memungkinkan Anda untuk mengirim ukuran file tak terbatas. Mereka mendukung setiap format. Pastikan Anda memeriksa Filemail jika Anda mencari cara untuk mengirim berkas berukuran besar tanpa mengkhawatirkan ruang penyimpanan.

Kesimpulan

Melewati batas ukuran lampiran Gmail bisa sangat merepotkan ketika Anda mencoba mengirim file yang lebih besar dari ukuran tersebut kepada seseorang. Kabar baiknya, Anda selalu memiliki opsi, tergantung pada apa yang ingin Anda kirimkan.
Jika file Anda terlalu besar untuk Gmail tetapi terlalu kecil untuk OneDrive, Dropbox, Google Drive, atau layanan berbagi file lainnya yang Anda gunakan, Filemail adalah salah satu opsi terbaik yang ada.
Filemail memungkinkan Anda mengirim file besar dengan mudah dan cepat melalui email, apa pun format file Anda. Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara melewati batas ukuran file Gmail dan menyiasatinya kapan pun diperlukan. Terima kasih telah membaca!

Melewati Batas Ukuran Lampiran Gmail

Tanpa Membuang Waktu Menggunakan Splitter & Kompresor

Indonesian