Cara Mentransfer File Dari iPhone Ke Mac

Ace24 Januari 2024
cara mentransfer file dari iPhone ke Mac

Dalam artikel ini, kami akan membahas 6 metode yang dapat Anda gunakan untuk mentransfer file dari iPhone ke Mac. Kami juga menyediakan petunjuk langkah demi langkah sehingga Anda dapat dengan mudah mulai memindahkan file-file tersebut dari iPhone ke Mac.

Saat ini, kita menggunakan ponsel untuk hampir semua hal, sehingga ponsel adalah salah satu perangkat terpenting yang membawa informasi dan file kita. Ketergantungan kita pada ponsel sebagai perangkat serbaguna pasti akan menumpuk banyak file di penyimpanan internalnya. Ketika penyimpanan internal hampir habis, Anda akan berpikir tentang bagaimana cara mentransfer file dari iPhone ke Mac, jika Anda sudah masuk ke dalam ekosistem Apple.

Transfer Hingga 5 GB Gratis
Tidak Perlu Registrasi
Transfer File Besar Sekarang
Kabel untuk mentransfer foto dari iphone ke macbook

1. Mentransfer File Dari iPhone Ke Mac Menggunakan Kabel

Cukup dengan menghubungkan iPhone Anda ke Mac Anda mungkin merupakan metode yang paling mudah untuk mentransfer file dari iPhone ke Mac atau dari Mac ke iPhone Anda. Menggunakan pendekatan ini akan lebih mudah jika ada kabel USB yang tersedia.

  1. Hubungkan salah satu ujung kabel USB ke iPhone Anda dan ujung lainnya ke Mac sebagai langkah pertama. Ini akan membuat hubungan antara keduanya, dan Anda akan melihat bahwa kedua perangkat akan segera menemukan satu sama lain.
  2. Klik ikon Finder di sudut kiri atas layar Mac Anda. Tindakan ini akan membuka jendela Finder baru.
  3. Anda mungkin akan melihat iPhone Anda terdaftar di bawah Perangkat/Lokasi dengan menggulir ke bawah pada bilah sisi kiri. Klik tautan tersebut.
  4. Pilih ke mana Anda ingin memindahkan file ke dan dari.
  5. Jika Anda ingin mentransfer file dari Mac ke iPhone melalui USB, cukup seret file dari Desktop ke folder tujuan. Jika Anda ingin memindahkan file dari ponsel ke komputer, telusuri folder yang diinginkan, lalu seret dan letakkan file tersebut ke desktop.
AirDrop untuk memindahkan file dari iphone ke mac

2. Mentransfer File Dari iPhone Ke Mac Secara Nirkabel Dengan AirDrop

Anda dapat mengirim berbagai macam file, termasuk gambar, video, tempat, dan situs web, ketika Anda menggunakan aplikasi yang dikenal sebagai AirDrop. AirDrop adalah salah satu metode tercepat dan paling efisien untuk mentransfer data antara iPhone dan Mac.

AirDrop adalah komponen inti dari sistem operasi iOS dan macOS yang memungkinkan Anda mentransfer file dengan cepat dan mudah dengan orang lain di sekitar Anda. AirDrop memanfaatkan Bluetooth dan WiFi, sehingga memungkinkannya berfungsi meskipun perangkat Anda tidak terhubung ke Internet. AirDrop memungkinkan transfer gambar, video, halaman web, lokasi, dan lainnya di seluruh perangkat.

  1. Sambungkan Mac dan iPhone ke jaringan nirkabel yang sama, atau hubungkan Mac dan iPhone melalui Bluetooth.
  2. Buka file yang ingin Anda transfer dari iPhone, lalu tekan ikon berbagi.
  3. Setelah meluncurkan "Control Center", aktifkan WiFi dan Bluetooth pada perangkat Anda.
  4. Setelah itu, aktifkan AirDrop di iPhone Anda dan ubah pengaturan ponsel menjadi "Semua Orang/Kontak Saja."
  5. Pada Mac Anda, pilih AirDrop dengan membuka aplikasi "Finder", lalu klik tombol "Go" dan nyalakan fitur AirDrop.
  6. Aktifkan opsi "Izinkan untuk ditemukan oleh" pada Macbook dengan memilih "Hanya Kontak/Semua Orang" dari menu menurun.
  7. Pada file, cari tombol "Bagikan" dan kemudian pilih opsi "AirDrop" pada iPhone Anda.
  8. Sekarang, tunggu sampai transmisi file selesai.
iTunes

3. Mentransfer File Dari iPhone Ke Mac Dengan iTunes

Berikutnya dalam artikel kami tentang cara mentransfer file dari iPhone ke Mac, kita akan melihat iTunes. Kebanyakan orang masih memilih untuk menggunakan iTunes saat mentransfer data dari iPhone ke komputer. Namun demikian, Anda hanya diizinkan untuk mentransfer ke Mac Anda data dari aplikasi-aplikasi pada perangkat iOS Anda yang mendukung berbagi file ketika menggunakan iTunes, yang membatasi jenis file yang dapat ditransmisikan.

Secara keseluruhan, ada dua pilihan untuk menyelaraskan musik, film, foto, kontak, kalender, dan cadangan perangkat melalui akun iTunes Anda:

  1. USB
  2. WiFi

Menyelaraskan iTunes Melalui USB

Dengan kemampuan yang mumpuni, mentransfer file dari iPhone ke Mac cukup mudah:

  1. Buka iTunes. Pastikan Anda memiliki versi terbaru.
  2. Sambungkan iPhone ke komputer Anda melalui USB. Anda akan melihat perangkat yang terdaftar di bawah Perangkat Tersambung di sudut kiri atas iTunes.
  3. Klik simbol untuk perangkat tersebut.
  4. Di sisi kiri iTunes, pilih Pengaturan untuk melihat jenis materi yang dapat diselaraskan.
  5. Pilih file yang diinginkan, lalu klik Selaraskan di iTunes.
  6. Pilih "Terapkan" di sudut kanan bawah iTunes. Seharusnya, penyelarasan akan mulai dilakukan secara otomatis & mulai sekarang, perangkat Anda akan diselaraskan setiap kali Anda menyambungkannya melalui USB dan membuka iTunes.

Menyelaraskan iTunes Dengan WiFi

Anda dapat mengonfigurasi iPhone untuk menyelaraskan materi melalui WiFi jika sebelumnya Anda telah memvalidasi bahwa PC Anda menjalankan iTunes versi terbaru dan iPhone serta PC Anda tersambung ke jaringan WiFi yang sama. Hal ini memerlukan kabel lightning untuk menyambungkan iPhone ke komputer.

  1. Sambungkan iPhone ke komputer dengan USB.
  2. Klik tombol Perangkat di sudut kiri atas jendela aplikasi iTunes.
  3. Tab Ringkasan terletak di bawah tab Pengaturan.
  4. Tandai kotak di samping Sinkronisasi dengan perangkat ini melalui WiFi dan pilih Terapkan.
Mentransfer file menggunakan wifi

4. Mentransfer File Dari iPhone Ke Mac dengan iCloud

Mudah digunakan, iCloud Drive mengatur file Anda ke dalam folder mereka sendiri adalah salah satu keunggulan layanan ini. Dengan menggunakan ID Apple Anda, Anda akan dapat mengakses data yang disimpan di desktop dan juga iPhone.

Perlu diingat bahwa menggunakan metode ini membutuhkan koneksi WiFi yang andal. Selain itu, pastikan iPhone dan Mac Anda menjalankan versi terbaru dari OS masing-masing. Anda dapat melakukan hal yang sama dengan mengikuti petunjuk berikut.

  1. Akses menu Apple dengan mengeklik pop-up Apple di sudut kiri atas desktop.
  2. Pilih Sistem Preferensi dari menu.
  3. Lanjutkan dan klik iCloud.
  4. Masuk menggunakan alamat email dan kata sandi yang terkait dengan ID Apple Anda.
  5. Untuk mengatur iCloud, ikuti petunjuk di layar.
  6. Buka aplikasi "Pengaturan" pada iPhone Anda.
  7. Pilih "nama Anda" lalu iCloud dari menu yang muncul.
  8. Nyalakan iCloud Drive, yang merupakan langkah keempat.
  9. Buka menu Apple di komputer Anda dan klik "System Preferences" dari sana.
Aplikasi berbagi file Filemail

5. Transfer File Dari iPhone Ke Mac Menggunakan FileMail

Dengan FileMail, mengirim file video besar, file audio, koleksi foto berkualitas tinggi, dan koleksi media lainnya menjadi mudah. Aplikasi transfer file iphone kami mudah digunakan, dan memiliki opsi "WiFi saja" jika Anda ingin mencegah batas data seluler Anda terlampaui saat menggunakannya.

Jika Anda hanya akan berbagi file berukuran kurang dari 5GB, Anda bisa melakukannya tanpa mendaftar, dan tanpa perlu berlangganan. FileMail memungkinkan pengguna untuk berbagi dan menerima file dengan cara yang sangat layak antara iPhone dan Mac dalam beberapa langkah sederhana:

  1. Unduh, instal, dan jalankan aplikasi seluler FileMail.
  2. Klik pada "Tambah file".
  3. Arahkan ke, dan lampirkan, file dan/atau folder yang diinginkan.
  4. Anda bisa memilih untuk mengirim file sebagai email atau mengunggah file dan mendapatkan tautan yang dapat dibagikan.
  5. Jika Anda memilih "Kirim sebagai email", ketik alamat email penerima. Kirimkan pesan opsional jika Anda menginginkannya.
  6. Tekan tombol kirim.
  7. Penerima akan mendapatkan email, dengan instruksi tentang cara mengunduh file.
  8. Jika Anda memilih "Kirim sebagai tautan", setelah file Anda diunggah, Anda akan menerima tautan, yang dapat Anda bagikan dengan siapa pun yang ingin Anda bagikan file tersebut.
  9. Pengguna Mac yang dalam contoh ini adalah penerima, dapat menggunakan aplikasi desktop kami untuk mengunduh file, yang akan memberikan akselerasi transfer UDP untuk kecepatan yang lebih cepat, dan koneksi yang lebih kuat.
Timbangan

6. Cara Mentransfer File Dari iPhone Ke Mac - Menjelajahi Pro & Kontra Dari Berbagai Solusi

Metode Transfer

Kelebihan

Kekurangan

AirDropKarena dapat secara otomatis mendeteksi receiver terdekat, maka tidak perlu menghubungkan perangkat apa pun.Metode yang lambat dengan kecepatan transfer sekitar 40 MB/s di antara model Mac kontemporer. AirDrop bisa disalahgunakan jika digunakan di jaringan publik, jadi berhati-hatilah saat mengizinkan orang lain mengirimkan file ke Mac Anda melalui fitur ini.
Kabel USBMudah dan langsung digunakan Tidak memerlukan konektivitas internet untuk mengirim file Sangat cepat untuk mengirim file, bahkan file berukuran besarBergantung pada ketersediaan fisik kabel USB, dan kedua perangkat saling berdekatan.
iTunes
Mendukung konektivitas USB dan WiFi. Tidak ada penurunan kualitas yang terjadi untuk file seperti gambar dan video
Tidak semua aplikasi iDevice mendukung fungsi Berbagi File iTunes. Satu dan beberapa file dapat diimpor, namun folder tidak dapat diimpor
iCloudSemua perangkat Anda akan disinkronkan dan diperbarui setiap kali Anda memodifikasi file dengan menggunakan penyimpanan cloud. Layanan iCloud kompatibel dengan perangkat non-iOS, namun layanan ini berinteraksi secara efektif dengan ekosistem Apple. Penyedia penyimpanan awan memperkuat keamanan layanan mereka dengan lapisan tambahan.Penyimpanan file berbasis awan memerlukan koneksi Internet. Biaya yang terkait dengan pengunggahan dan pengunduhan data dari awan bisa menumpuk. Jika server penuh sesak, transfer file terkadang menjadi lambat.
FileMailTidak diperlukan pendaftaran. Gratis untuk berbagi file hingga 5 GB. Enkripsi data membuatnya cepat & aman untuk digunakan Mendukung transfer file besar dengan cepat dan efisienDiperlukan koneksi internet. Untuk berbagi file yang lebih besar dari 5 GB, Anda harus berlangganan.
Mentransfer File dengan Ukuran Berapapun
Penerima, Unduhan, & Bandwidth Tak Terbatas
Lihat Paket Berbayar Kami

Perlu berbagi file di antara lebih banyak perangkat?