Cara Mentransfer File Dari PC Ke PC

Tidak ada yang bisa mengalahkan kegembiraan saat membeli komputer baru yang mengkilap. Biasanya, membeli komputer baru berarti mendapatkan banyak fitur baru, daya pemrosesan yang ditingkatkan, grafis yang lebih baik, dan penyimpanan yang lebih besar. 

Tentu saja, jika Anda pindah ke komputer baru dan mengganti komputer lama, Anda mungkin ingin memindahkan lebih dari beberapa file. Idealnya, Anda harus memindahkan semua dokumen, gambar, seluruh profil pengguna, akun, favorit, penanda, dan email Anda, dengan kata lain, semua yang Anda miliki dan gunakan. Jadi, bagaimana cara mentransfer file dari pc ke pc?

Beberapa variabel akan memengaruhi prosedur, termasuk jumlah file yang akan ditransfer, ukuran file, dan sistem operasi kedua komputer.

Meskipun transfer file bukanlah operasi yang rumit, namun mungkin memerlukan waktu beberapa jam, tergantung pada jumlah data yang perlu Anda kirimkan. Berikut ini adalah enam strategi yang paling sering digunakan yang dapat Anda coba sendiri.

Transfer Hingga 5 GB Gratis

Tidak Perlu Registrasi

drive usb

1. Perangkat Penyimpanan Eksternal

Diketahui bahwa sebagian besar orang memanfaatkan drive eksternal. Cukup mudah untuk menyalin data dari USB flash drive dari satu komputer ke komputer lain, menghubungkan drive yang sama ke komputer kedua, dan menyalin data lagi. 

Sebagai alternatif, jika Anda memiliki lebih banyak data daripada yang dapat ditampung oleh flash drive, Anda dapat memanfaatkan hard drive eksternal. Jika kedua laptop dilengkapi dengan port USB 3.0, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli salah satu flash drive tercepat yang tersedia. Apabila berurusan dengan data dalam jumlah besar, kecepatan menjadi sangat penting!

Apabila menggunakan hard drive eksternal untuk alasan pencadangan, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, karena drive tertentu mungkin sesekali mengalami kegagalan transfer file: gunakan kabel berkualitas tinggi (hal yang sama berlaku juga untuk drive internal) dan hub USB berkualitas tinggi, jika perlu. 

Beberapa pengontrol USB juga menjadi tidak stabil di bawah beban berat, jadi jika Anda mengalami masalah dengan koneksi hard disk, Anda mungkin perlu mengganti masing-masing komponen untuk menentukan sumber masalahnya.

Kelebihan Kekurangan
Portabel - Hard disk eksternal bersifat portabel dan plug-and-play. Hard disk eksternal dapat digunakan sebagai perangkat penyimpanan untuk komputer apa pun yang mendukung USB atau FireWire.
Kehilangan data - Drive eksternal sama rentannya terhadap kehilangan data seperti halnya drive internal. Hard drive eksternal rentan terhadap serangan virus dan perangkat lunak malware. Selain itu, hard drive eksternal juga rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari, panas, kelembapan, cairan, debu, dan medan magnet.
Penggunaan Darurat - Anda dapat menggunakan hard drive eksternal sebagai disk cadangan dalam keadaan darurat. Karena hard drive terkadang mengalami kerusakan, maka menyimpan cadangan sangatlah penting, baik jika Anda mengandalkan komputer untuk keperluan bisnis maupun pribadi.
Rawan Dibobol - Mayoritas hard drive eksternal dilindungi kata sandi. Jika hard drive atau flash drive Anda hilang atau dicuri, siapa pun yang memasukkan perangkat tersebut ke dalam komputer dapat mengakses data Anda.
Peningkatan Performa - Dengan menggunakan drive eksternal sebagai perangkat penyimpanan utama, Anda dapat secara signifikan meningkatkan performa Mac dengan drive internal yang lebih lambat.
Sulit untuk diatur - Mengatur versi file pada hard disk eksternal itu sulit. Jika Anda mencadangkan file Anda ke hard drive eksternal sekali sehari, Anda sering kali hanya memiliki satu cadangan yang dapat diandalkan, bukan banyak versi file

2. Drive SSD & HDD Internal

Jika Anda bermigrasi dari komputer lama ke komputer yang lebih baru, komputer lama Anda mungkin tidak dapat dioperasikan. Atau, Anda dapat mengganti hard drive lama dengan yang baru. Namun, bagaimana Anda bisa mendapatkan data sebelumnya?


Hard disk drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD) tertentu tersambung ke motherboard melalui koneksi SATA standar. Sambungkan hard drive lama ke konektor SATA atau eSATA (SATA eksternal) cadangan jika ada. Ini akan dikenali sebagai drive baru oleh sistem operasi. Kemudian mulai transfer. Ini adalah cara tercepat dari semua opsi yang ada.

Kelebihan Kekurangan
Hard disk internal memiliki kapasitas tinggi untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Selain itu, hard disk internal selalu terhubung dengan komputer Anda setiap saat. Akibatnya, menjadwalkan pencadangan secara teratur tidak membutuhkan banyak pekerjaan. Dibandingkan dengan jenis penyimpanan media lainnya, hard disk internal sangat hemat biaya.
Masa Pakai Terbatas - Setiap SSD memiliki jumlah siklus baca dan tulis yang terbatas. Hal ini disebut sebagai terabyte yang ditulis (TBW). Saat Anda membeli SSD, SSD dilengkapi dengan "waktu kematian" yang telah ditetapkan sebelumnya yang dipengaruhi oleh seberapa sering drive digunakan.
kabel transfer

3. Menggunakan Kabel Transfer

Anda dapat mentransfer data melalui beberapa koneksi daripada menggunakan layanan berbasis cloud atau hard drive eksternal. Karena data disalin dan ditempelkan secara bersamaan dari PC ke PC, pendekatan ini sering kali lebih cepat daripada menggunakan cakram.

Walaupun tampaknya agak ketinggalan zaman, namun menggunakan kabel transfer file masih merupakan metode yang efektif untuk mentransfer informasi antara dua komputer yang terletak berdekatan.

Dengan menggunakan perangkat ini, Anda menghubungkan ke port USB kedua komputer, kemudian menggunakan perangkat lunak transfer file yang disediakan untuk memilih file dan folder yang akan ditransfer di antara keduanya. Setelah perangkat Anda terhubung melalui port USB, program transfer yang disertakan akan memandu Anda melalui proses migrasi file dan pengaturan. 

 Jika kedua PC memiliki koneksi USB 3.0, transmisi data akan jauh lebih cepat; ketika Anda memulai prosedur migrasi file, ingatlah hal ini.

Kelebihan Kekurangan
Kecepatan - Karena drive USB tidak memerlukan koneksi internet, maka drive ini memiliki kecepatan transfer yang cukup cepat. Di sisi lain, kecepatan dipengaruhi oleh beberapa parameter, termasuk versi USB, bus perangkat keras, dan perangkat pengontrol USB.
Sulit untuk diperluas - Segera setelah koneksi crossover tersambung dari satu komputer ke komputer berikutnya, menghubungkan ke komputer lain menjadi sulit tanpa menambahkan lebih banyak adaptor jaringan.
Kapasitas - Pada awalnya, drive USB tidak menawarkan berbagai macam kapasitas penyimpanan. Hingga baru-baru ini, perangkat USB dengan kapasitas hingga 2TB tersedia. Sebagai hasilnya, pengguna tidak perlu membawa perangkat keras tambahan dalam case dengan kapasitas penyimpanan yang besar.
Tidak dapat dipercaya - Komputer yang terhubung dengan cara ini dikategorikan secara otomatis sebagai memiliki koneksi "publik". Sambungan publik menonaktifkan penemuan jaringan, berbagi file, dan berbagi printer secara default. Berbagi sumber daya ini menjadi lebih melelahkan daripada jika komputer dihubungkan melalui sakelar karena Anda harus mengaktifkan kembali fungsi-fungsi ini secara manual dalam pengaturan masing-masing komputer.
Dimensi Fisik - USB flash drive ringkas dan ringan, membuatnya sangat portabel. Mereka cocok dimasukkan ke dalam saku dan ransel. Ini adalah pengganti yang ideal untuk hard drive dan tablet yang membutuhkan banyak ruang.
mentransfer file menggunakan wifi

4. Berbagi File Melalui Wi-Fi

Mayoritas sistem operasi populer memiliki opsi untuk mengonfigurasi jaringan rumah. Hal ini memungkinkan perangkat yang terhubung ke router yang sama (melalui Ethernet atau Wi-Fi) untuk secara otomatis mengidentifikasi satu sama lain. 

Dengan demikian, sewaktu mentransfer data antar komputer, Anda tidak perlu membuat koneksi baru setiap kali; koneksi selalu aktif selama kedua mesin dihidupkan.

Kelebihan Kekurangan
Tidak Perlu Perangkat Keras Drive Memori USB Eksternal - Biasanya, ketika kita ingin mentransfer data antar PC, kita mencari USB Flash Drive atau USB Hard Disk Drive. Mentransfer file melalui Wi-Fi meniadakan kebutuhan akan perangkat tambahan untuk mengirimkan data di antara dua PC. Yang diperlukan hanyalah koneksi Wi-Fi yang fungsional.
Masalah dengan bandwidth yang diperlukan - Berbagi file memang membutuhkan bandwidth yang memadai untuk menyediakan akses yang cepat dan mudah ke data. Mengakses file mungkin merupakan proses yang memakan waktu jika Anda tidak memiliki kecepatan yang sesuai.
Transfer File Cepat - Berbagi file melalui Wi-Fi memungkinkan transfer file yang lebih cepat di antara PC. Apabila Wi-Fi menghubungkan dua komputer, bandwidth yang tersedia untuk transfer file meningkat secara signifikan. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk menyalin data dari satu PC ke drive eksternal dan mentransfernya ke PC lain berkurang. File ditransfer secara instan dari satu PC ke PC lainnya melalui Wi-Fi, mengurangi separuh waktu yang diperlukan.
Akses Publik - Ketika file dipertukarkan, kesempatan karyawan atau peretas eksternal untuk berbagi data perusahaan di forum publik secara online meningkat. Malware, ransomware, dan virus lebih mungkin menyerang file yang dibagikan. Sebagai contoh, virus dapat menginfeksi stasiun kerja yang digunakan untuk melihat data dan kemudian mengunggahnya sendiri ke server Anda atau ke stasiun kerja lain yang memiliki isinya.
Transfer Data yang Aman - Menggunakan Wi-Fi untuk mentransfer data akan melindungi Anda dari potensi bahaya. Menggunakan flash drive atau drive memori dapat merusak kinerja komputer Anda, karena dapat mengandung virus atau malware lainnya. Dengan menggunakan Wi-Fi untuk berbagi file yang Anda inginkan, Anda terhindar dari bahaya ini.

5. Mentransfer File Dari Pc Ke Pc Melalui LAN

Kabel LAN adalah salah satu yang paling awal menghubungkan dua komputer melalui port Ethernet untuk mentransfer data. Kabel LAN memungkinkan transfer data yang lebih cepat dan kompatibel dengan semua versi Windows. 

 Kabel LAN menghindari keharusan mencolokkan dan mencabut Pen drive ketika Anda ingin mentransfer file. Selain itu, Anda tidak bergantung pada Wi-Fi. Apa pun jenis data yang ingin Anda kirim, Kabel LAN memberikan kecepatan transfer tercepat, dan menggunakan Wi-Fi tidak memerlukan keahlian teknis tingkat lanjut dalam konfigurasi jaringan.

Kelebihan Kekurangan
Komunikasi yang Difasilitasi - Dengan menggunakan LAN, pengguna dapat dengan mudah berbagi pesan dan data. Karena data disimpan di server, data dapat dilihat oleh pengguna LAN. Setiap pengguna LAN dapat melakukan hal ini dengan pengguna jaringan lainnya. Hasilnya, hal ini menghemat waktu dan memastikan bahwa komunikasi dikirim ke penerima yang tepat.
Biaya Implementasi - Meskipun LAN menghemat biaya dengan berbagi sumber daya, biaya awal untuk menyiapkan jaringan cukup tinggi. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh permintaan perangkat lunak khusus untuk membuat server. Selain itu, peralatan fisik seperti router, hub, switch, dan kabel harus dibeli untuk pengaturan awal.
Sentralisasi data - Memiliki jaringan komputer memungkinkan semua informasi disimpan di lokasi pusat dan dapat diakses oleh banyak pengguna. Hal ini memungkinkan anggota tim yang sama untuk mengakses semua sumber daya yang diperlukan untuk melakukan tugas mereka.
Pelanggaran Kebijakan - Karena semua data yang terkait dengan komputer yang terhubung disimpan di satu server, orang yang tidak berwenang dapat memeriksa riwayat peramban dan unduhan yang terkait dengan semua komputer yang terhubung.
aplikasi multi-platform

6. Penyedia Layanan Berbasis Cloud 

Anda dapat mengirim dan mengunduh file menggunakan berbagai layanan penyimpanan cloud, seperti Google Drive atau OneDrive. Apa yang membuat penyimpanan awan begitu menguntungkan untuk transfer file? Karena layanan berbasis awan ini memungkinkan Anda untuk mengunduh dan mengirimkan file dengan ukuran apa pun, tergantung pada ruang penyimpanan yang tersedia. Selain itu, Anda dapat mengunggah file yang lebih besar menggunakan aplikasi online.

Jika Anda bekerja dalam kapasitas profesional, Anda hampir pasti akan diminta untuk mentransfer file ke individu dan organisasi yang berada di seluruh dunia. Filemail sangat berguna dalam situasi ini. Tidak ada persiapan yang sulit, tidak ada kode QR yang harus dibaca, dan tidak ada rintangan yang harus dilalui. Mengirim file semudah mengirim pesan email.

Aplikasi Filemail memungkinkan Anda untuk mengirim file besar dengan ukuran berapa pun, ke alamat email mana pun menggunakan antarmuka seret dan lepas yang sederhana. Anda juga dapat mengunggah file ke URL pribadi untuk dibagikan dengan orang lain. Transfer ditingkatkan dengan protokol UDP Filemail, yang menjadikannya metode tercepat dan paling dapat diandalkan untuk mengirim file besar melalui internet.
Kelebihan Kekurangan
Biaya - Penyimpanan fisik mungkin terlalu mahal. Penyimpanan awan, yang tidak memerlukan perangkat keras, jauh lebih murah per GB daripada drive eksternal.
Koneksi internet - Penyimpanan awan memerlukan koneksi internet. Jika Anda terhubung ke jaringan yang lamban, mengakses penyimpanan Anda mungkin akan sulit. Anda tidak akan dapat melihat file Anda jika tidak terhubung ke internet.
Aksesibilitas - Dengan menyimpan file Anda di awan, Anda dapat mengaksesnya dari lokasi mana pun yang memiliki koneksi internet.
Biaya - Mengunggah dan mengunduh file dari cloud dikenakan biaya tambahan. Biaya ini dapat terakumulasi dengan cepat jika Anda sering mengakses banyak file.
Pemulihan - Anda dapat mengakses data Anda di cloud jika terjadi kegagalan hard disk atau masalah perangkat keras lainnya. Ini adalah opsi cadangan untuk hard disk fisik yang digunakan untuk penyimpanan lokal.
Privasi - Ketika Anda menggunakan penyedia layanan cloud, data Anda tidak lagi tersimpan secara fisik di komputer Anda. Oleh karena itu, siapa yang bertanggung jawab atas keamanan data? Ini adalah wilayah abu-abu yang saat ini sedang diklarifikasi.
Menyinkronkan dan Menjaga Perangkat Anda Tetap Mutakhir - Ketika Anda menggunakan penyimpanan cloud, setiap perubahan yang Anda lakukan pada file secara otomatis disinkronkan dan diperbarui di semua perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses cloud.

Jadi, Opsi Apa yang Terbaik Untuk Anda?

Meskipun mendapatkan komputer baru memang menyenangkan, namun menyadari bahwa semua informasi Anda masih ada di komputer lama tidak begitu menyenangkan! Bagaimanapun juga, cara berbagi file dari PC ke PC sangat penting bagi setiap pemilik komputer. 

 Saat ini, ada banyak pilihan yang tersedia untuk mentransfer data, aplikasi, dan pengaturan dari komputer lama Anda ke komputer baru. Anda dapat mengakses data Anda dari perangkat apa pun, di mana pun, baik menggunakan flash drive kuno maupun perangkat lunak canggih.

Mentransfer File dengan Ukuran Berapapun

Penerima, Unduhan, & Bandwidth Tak Terbatas

Indonesian